• Fulnadi

    Putra-putri Anda adalah amanah tak ternilai yang dianugerahkan Allah SWT. Wujudkan kasih sayang Anda kepada mereka dengan memberikan pendidikan TERBAIK hingga tingkat perguruan tinggi melalui perencanaan dana pendidikan di Takaful Dana Pendidikan (Fulnadi). Dengan fasilitas BEBAS PREMI + 4 MANFAAT !...

    read-more
  • Takafulink Salam

    Adalah sarana berasuransi sekaligus berinvestasi murni syariah yang disediakan PT. Asuransi Takaful Keluarga. Program ini menawarkan pilihan perlindungan yang lengkap dengan hasil investasi yang optimal dengan pilihan yang sesuai preferensi Anda. Takafulink SALAM adalah produk proteksi dan investasi modern bagi Anda yang menginginkan hasil investasi optimal dengan 4 jenis pilihan investasi campuran dengan dominasi saham melalui sistem pengelolaan syariah. Anda juga dapat menambahkan berbagai manfaat seperti kesehatan tambahan, dll, bila dibutuhkan.Pilihan Investasi :.....

    read-more
  • Takafulink Salam Cendikia

    Takafulink Salam Cendekia adalah produk asuransi pendidikan untuk putra-putri Anda, yang pengelolaan dananya seperti halnya Takafulink Salam, yang sangat fleksibel, kendali di tangan Anda. Dengan demikian, Anda dapat dengan leluasa menentukan besar premi, besar topup besar nilai tunai yang Anda rencanakan saat putra-putri Anda memasuki jenjang sekolah, baik untuk di dalam negeri maupun di luar negeri, baik di sekolah umum maupun negeri, sesuai dengan keinginan Anda Seperti halnya Fulnadi, Takafulink Salam Cendekia menyediakan dana tunai saat putra-putri Anda memasuki jenjang sekolah, namun waktu pencairan dananya sangat flesksibel, sesuai kebutuhan. Kelebihan lain dari Takafulink Salam Cendekia adalah :........

    read-more
  • Takafulink Comunity

    Peserta Takafulink Salam Komunitas (Salam Community) adalah individu-individu yang tergabung dalam suatu grup/organisasi berbadan hukum (formal) ataupun tidak berbadan hukum (non formal). Minimal jumlah peserta 10 orang Minimal premi tiap peserta Rp 150.000 Minimal premi total terkumpul tiap organisasi Rp 2,5 Juta Usia peserta 18 tahun s.d 65 tahun. Minimum Premi untuk masing-masing individu peserta: ...

    read-more
  • Fulmedicare

    Adalah Program asuransi kesehatan Secara menyeluruh yang ditujukan bagi Pelayanan secara kumpulan (kolektif) seperti perusahaan,instansi,Badan Usaha,dll. FullMedicare adalah program asuransi kesehatan yang memberikan jaminan penggantian biaya pengobatan dan operasi jika peserta sakit yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan.Program ini tidak terbatas pada santunan rawat inap. Manfaat/ Jaminan : Program Rawat Inap dan Pembedahan.......

    read-more
  • Takaful Abror

    Produk Takaful yang menggantikan kerugian atas kendaraan bermotor yang disebabkan musibah kecelakaan, pencurian serta tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Kendaraan Bermotor yang diperkenankan: Penggunaan KBM : Pribadi/Dinas Jenis KBM : Sedan, Jip, Station Wagon dan Minibus Usia kendaraan : 0 – 7 tahun Manfaat dan Layanan tambahan yang diberikan:......

    read-more
  • Kembali ke Syariah

    Sejak umat Islam memasuki abad 15 Hijriah, dunia Islam diramalkan oleh kehadiran lembaga-lembaga keuangan syari’ah, diantaranya adalah lembaga Asuransi Islam yang di Indonesia bernama Asuransi Takaful. Sebelum kelahiran Asuransi Syari’ah di dunia Islam, sekitar tahun 1980-an, para ulama berbeda pendapat tentang Asuransi Konvensional. Tetapi setelah lahirnya Asuransi Syari’ah yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah, maka perdebatan tentang halal-haramnya asuransi konvensional telah selesai. Tegasnya, sistem asuransi konvensional bertentangan dengan ajaran Islam, karena itu umat Islam harus menghidupkan dan menjalankan asuransi secara syari’ah.......

    read-more
Previous Next

Marketing Syariah vs Marketing Bahlul

Posted by adhamcorner On - - 0 comments


Marketing Syariah adalah sebuah disiplin strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah Islami .





Hal-hal yang Terlarang Dalam Bisnis Syariah:
  • GHARAR (PENIPUAN)
  • MAISIR (GAMBLING)
  • RIBA (BUNGA)
  • HARAM (KOMODITI)
  • DZALIM (ANIAYA)
  • RISYWAH (SUAP)
  • MAKSIAT ( PORNO A/G, SEX KOMERSIAL,).
Salah satu keistimewaan lain dari marketing syariah adalah karena sangat memperhatikan masalah akhlak (moral,etika) dalam seluruh aspeknya. Terjadinya krisis global (Lehman Brathers, AIG, dll) , atau sejumlah kasus besar di Indonesia seperti kasus BLBI, KPU, Bank Mandiri, DAU Depag, Gubernur, Bupati; Terakhir: Kejaksaan, DPR, MA, MY, BPPK, KPPUdan sebagainya adalah beberapa contoh betapa nilai akhlak, moral dan etika sudah tidak ada lagi dalam kultur masyarakat kita. Karena itu, marketing syariah menjadi demikian penting bagi para marketer untuk menjadi panduan dalam melakukan penetrasi pasar.

Marketing Bahlul adalah prilaku para marketer atau pelaku bisnis yang lifestyle nya dalam dunia bisnis cenderung “menghalalkan segala cara” seperti ryswah (suap), nipu, berbohong , entertaint amoral dll yang menjadi hal biasa dalam negosiasi bisnis. Karena itu, prilaku ini HARAM dalam bisnis syariah.

Tapi kebanyakan zaman sekarang ini, Bank Syariah ada juga yang melakukan kegiatan marketing bahlul yang masih mau menerima sesuatu dari nasabah khususnya nasabah pembiayaan. Walaupun di Kantor Bank Syariah terpampang tulisan ”Terima Kasih, Kami tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun”. Sebenarnya tidak ada tulisan itu kalo memang moralnya bagus tentunya tulisan itu tidak ada artinya.

Untuk ke depan, untuk menjaga kemurnian nilai-nilai syariah, perlu kiranya para marketer disyariahkan guna nampak perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional, Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional
Bagaimana menurut anda?…

 http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com
==================================================================

Workshop : Marketing Bahlul VS Marketing Syariah


Salah satu workshop yang lagi trend diikuti para exekutive Lembaga Keuangan  Syariah saat ini adalah workshop “Marketing Bahlul VS Marketing Syariah”.  Mereka penasaran ingin tau apa sih  yang termasuk “marketing bahlul”, cara-cara marketing yang dilarang dalam syariah dan bagaimana marketing yang islami.

Syakir Sula penulis buku “Marketing Bahlul” dan juga penulis buku “Marketing Syariah” mengemas dalam satu workshop yang sangat menarik. Pengalaman Syakir Sula belasan tahun sebagai direktur marketing di berbagai perusahaan syariah menjadikan peserta seolah olah sedang mengikuti “napak tilas” kebahlulan dalam dunia marketing. “Gila, gue ga’ nyangka kalau se gila gitu dunia marketing”  kata salah satu peserta.

Sebagai sebuah workshop tentu Syakir Sula memberikan kiat-kiat menghadapi “dunia bahlul” seperti  itu berdasarkan pengalaman. Disini Ia membahas buku kedua beliau “Marketing Syariah”, yang memberi  solusi agar para marketer tidak terjebak dalam dunia bahlul tersebut.
Karakteristik marketing syariah salah satu jawaban dalam workshop ini, bahwa marketer syariah harus berjiwa: 
 1) Robbaniyah (Teistis),
 2) Akhlaqiyah (Etis), 
3) al-waqiiyyah (Realitis), dan 
4) Al-Insaniyah (Humanistis). 
Keempat sifat inilah kata Syakir yang bisa membentengi Anda mengarungi “dunia bahlul” dalam bisnis.

Tanpa bekal ini, Anda pasti akan terjerumus karena “dunia bahlul” itu kumpulan dari yang enak-enak, yang nikmat-nikmat, dan yang serba fantasi, yang  tidak pernah  Anda temui di rumah, di kantor, dan di lingkungan Anda yang normal. “Busyeet, pantesan bos ane demen benner, kata salah satu peserta he he ....”. (Tiem “SS”)

http://syakirsula.com

Categories:

Leave a Reply